Betapa Praktisnya Membangun Server Development di Cloud

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwasanya ketika kita membutuhkan testing pada aplikasi development tentunya kita harus menyiapkan server dalam bentuk fisik ataupun virtual.

Nah, ketika kita menyiapkan dalam bentuk fisik kita mesti perhitungkan secara matang mulai dari request,purchase dan implementasi paling cepat umumnya lebih dari 2 minggu.

Katakanlah hardwarenya masih indent bisa jadi waktu yang dibutuhkan lebih dari 2 bulan bahkan bisa 3 bulan.

Begitu pula ketika akan membangun infrastruktur virtualisasi pun kita harus menyiapkan server,storage,network,device dan lain-lain. Waktu yang dibutuhkan cukup panjang.

Kenapa server development harus dibuat di cloud? Apa pertimbangan anda? Coba kita tanya sama Mr. IC buat hal ini.

Mr.IC menjawab, Anda tidak usah pusing memutuskan terkait test development, dalam hitungan menit bahkan detik untuk menyiapkan server yang anda butuhkan dengan fitur dan spesifikasi sesuai yang anda kehendaki.

Wow hitungan menit bahkan detik. Apa alasannya?

Berikut ini alasannya:

Cloud Provider sudah menyiapkan resources capacity server yang anda minta meliputi : RAM, CPU, Harddisk, Network, Security dan Disaster Recovery.

Anda bisa memakai server anda sesuai dengan yang anda butuhkan bahkan anda bisa naik-turunkan kapasitas RAM, CPU (Prosesor) dan harddisk (red: tergantung operating system) kebutuhan anda dalam hitungan menit bahkan detik, sekali lagi anda tidak pusing memikirkan hardwarenya.

Anda lebih cepat dan mudah memutuskan apakah aplikasi layak untuk dikembangkan atau tidak.

Anda akan bisa membuat perencanaan produksi di cloud juga. Tentunya ketika anda sudah mendapatkan banyak benefit pada saat menggunakan server development di cloud.

Anda tidak perlu memikirkan kondisi kinerja server seperti apa karena cloud provider sudah memiliki monitoring tools yang intelligent (pintar) dalam memonitor kinerja server anda.

Billingnya pun akan sesuai dengan kapasitas yang anda gunakan. Investasi di level hardware jika perhitungan tidak matang akan menyebabkan ketidaksesuaian dengan ekspektasi anda, developmentpun penggunaannya tidaklah lama sehingga akan terjadi over budget.

Nah, alasan tadi bukanlah mengada-ada akan tetapi sudah menjadi layanan yang sudah pasti disediakan secara totalitas dan menyeluruh.

Jadi alasan apa untuk tidak menggunakan cloud sebagai server development anda?

Space ruangan kantor anda lebih efesien karena server anda ada di cloud, pengeluaran listrik anda tidak membengkak karena server anda di cloud,anda bisa menekan budget untuk tenaga IT professional anda karena server anda di cloud, bahkan budget pengadaan hardwarepun tidak diperlukan lagi ketika anda menggunakan cloud.

Anda tidak perlu memusingkan kendala hardware,performance,network dan segudang persiapan anda dalam membangun infrastruktur baru sementara waktu pemakaian hanya sementara (ketika tahap server development sudah OK, akan berlanjut ke server production, tergantung dari penilaian dan kelayakan).

Selamat buat anda yang telah membaca blog ini, semoga menambah referensi dalam mengambil keputusan. Sebenarnya yang bisa dibuat di cloud tidak hanya server development saja yang bisa dibangun, tetapi server productionpun bisa dibangun di cloud. Setahu saya layanan cloud itu tidak murah akan tetapi sesuai dengan kontinuitas bisnis anda yang nyaris tanpa berhenti

Saya bisa tahu hal ini karena Mr. IC yang banyak memberikan pandangan kepada saya tentang Cloud Computing.

Motto untuk Postingan blog kali ini : “Ketika anda berencana membangun server development, pakailah cloud lalu perhatikan apa yang terjadi”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s